BAGAIMANA CARA HIDUP SEHAT

Hidup sehat menjadi impian setiap orang. Kekayaan,kecantikan jabatan tidak berarti apa apa kalau kita tidak sehat.  Berkaca dari pengalaman pribadi di usia yang hampir setengah abad dulunya saya pun termasuk orang yang kurang memerhatikan kesehatan.  Jauh dari orang tua karena harus merantau untuk melanjutkan sekolah memaksa diriku untuk nge-kost.  Hidup bebas membuat pola hidup tidak teratur termasuk aktivitas dan kebiasaan makan.  Terakhir setelah menikah dan dikarunia 2 orang anak yang sekarang sudah beranjak dewasa saya baru sadar dan menyesali betapa saya kurang memperhatikan kesehatan saya yang mengakibatkan sekarang saya terindikasi dengan gejala penyakit yang marak sekarang ini.  Mumpung masih belum tua setelah searching di beberapa situs dan blog di dunia maya.  Saya pun berniat untuk merubah pola hidup saya agar dapat lebih sehat dan tentunya bisa menanamkan kebiasasaan ini pada keluarga kecil saya.   Dari beberapa posting yang saya baca saya mengambil kesimpulan bahwa untuk dapat hidup sehat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Makanan yang sehat

Sederhana saja, semua orang tau apa itu makanan empat sehat lima sempurna. Tidak harus mahal tapi memenuhi kebutuhan asupan giji yang dibutuhkan makanan. Dan  menghindari makanan makanan fast food yang sesungguhnya berpotensi untuk memicu timbulnya penyakit.

2. Istirahat yang Cukup

Tidurlah minimal 8 jam dalam satu hari dan jangan kita membiasakan pekerjaan mengatur kita tapi kitalah yang mengatur pekerjaan.  Planning yang baik akan memberikan hasil yang baik. Ada waktu untuk segala galanya.  Jadilah manajer yang baik untuk diri anda sendiri. Dan sempatkanlah untuk liburan dengan keluarga.  Liburan tidak harus mahal, liburan juga tidak harus ke tempat tempat wisata yang berkelas.  Liburan yang menyenangkan tergantung dari bagaimana kita mensettingnya menjadi liburan yang menyenangkan.

3. Olahraga yang teratur

 
Ini mungkin yang sering diabaikan. padatnya rutinitas membuat kita terkadang lupa untuk melakukan sedikit olahraga atau gerakan gerakan ringan untuk sekedar merangsang ketegangan otot, membakar lemak dan membunuh toksin yang ada dalam tubuh.   

4.  Jiwa yang sehat

Di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang sehat. Jiwa yang sehat menjadi motor untuk semua aktivitas kita.  Jiwa yang sehat akan memotivasi kita untuk melakukan hal hal yang positif. Bagaimana cara agar jiwa kita sehat tentunya perlu siraman rohani dan rajin beribadah. Selain itu pola hidup sosial kita sangat berpengaruh dalam menciptakan jiwa yang sehat.  Bergaul dengan orang orang yang bepikiran sehat dan positif, bergaul dengan orang yang menginginkan kita bahagia.  Kalau kita bahagia berarti jiwa kita sehat. Kalau jiwa kita sehat otomatis semangat untuk menjalani hidup pun akan semakin baik.

Comments

Popular Posts