MENANAM SAYUR DAN BUAH DIPEKARANGAN RUMAH



Sayuran yang dapat ditanam di pekarangan berbeda-beda tergantung dari kondisi lahannya, misalnya:

Lahan pekarangan di dataran rendah
lahan pekarangan di bawah 800 m dpi, dapat ditanami sayuran semusim dengan pilihan yang sangat banyak seperti kacang panjang, bayam, kangkung, terung, paria, labu, bawang merah, gambas, beluntas, kecipir, kemangi, mentimun, tomat, cabe dan Iain-Iain. Benih-benih sayuran ini dapat dengan mudah diperoleh dari kios pertanian dan perusahaan benih swasta.

Lahan pekarangan di dataran tinggi
Pada lahan di dataran tinggi  dapat ditanami sayuran dataran tinggi seperti kubis, sawi, seledri, buncis, wortel, mentimun, petsai, selada, bawang daun, kapri, tomat, kentang, kailan, dan Iain-Iain.

A. Menanam Sayuran Langsung di Pekarangan

sebeIum menanam sayuran diteliti bagian pekarangan yang subur, gembur, cukup disinari matahari, maupun yang tidak subur dan kurang mendapat sinar matahari. Hal ini perlu dilakukan karena adanya perbedaan perlakuan masing-masing sayuran. Misalnya sawi memerlukan tanah yang subur dan sinar matahari yang cukup, katuk memerlukan tempat yang teduh, sedangkan kangkung dapat tumbuh di tanah berair.

Selain memperhatikan kondisi tanah pekarangan, tipe tanaman juga perlu diperhatikan dalam menentukan tata letak penanamannya. Untuk tanaman merambat seperti mentimun, kecipir, labu siam, dapat ditanam dengan cara dirambatkan pada pagar, pinggiran dinding, ataupun pada awning sebagai peneduh. Sedangkan untuk herba tegak bercabang banyak atau yang berpohon tinggi dan bertajuk lebar, cocok ditanam di sudut halaman atau di dekat pagar.

B. Menanam Sayuran Pada Wadah

Pada lahan pekarangan yang sempit, untuk mengefisienkan pemakaian halaman, sayuran dapat ditanam di wadah yang bentuk, jenis, dan bahannya sangat bervariasi, tergantung dari kebutuhan dan kreativitas. Wadah yang dimaksud dapat berupa pot, pot gantung, kaleng bekas, ember, pipa, botol air minum, balok berongga, dan bambu. Namun tidak semua jenis sayuran dapat ditanami di dalam pot. Selain memperhatikan unsur estetikanya, kondisi iklim setempat juga harus dipertimbangkan. Sayuran buah dan polong yang dapat ditanam dalam pot adalah cabai merah, cabai rawit, terung, tomat, kacang panjang, buncis, kapri, paprika, dan kecipir.

Sayuran daun yang dapat ditanam dalam pot antara lain bayam, sawi, kemangi, kubis, bawang daun, caisim, dan seledri. Sedangkan sayuran umbi jarang ditanam dalam pot karena umbi yang dihasilkan kurang besar.

C. Menanam Sayuran dengan Sistem Vertikultur

Cara lain penanaman di pekarangan yang sempit adalah sistem vertikultur, yaitu penanaman yang bertingkat atau disusun secara vertikal. Penanaman dengan sistem vertikultur dapat dijadikan alternatif bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, yang memiliki lahan sempit atau bahkan tidak ada lahan yang tersisa untuk budidaya tanaman. Dengan sistem vertikultur, pemanfaatan lahan sempit bisa efisien dan memperoleh hasil panen yang optimal.

Sumber : cybex.deptan.go.id

Comments

Popular Posts