LANGKAH LANGKAH MENULIS EBOOK

1. Pikirkan idenya.

eBook tidak berbeda dengan tipe buku lainnya kecuali dalam medium publikasi, jadi langkah pertama dan yang terpenting dalam menulisnya adalah menentukan dan mengembangkan sebuah ide. Cara terbaik dalam menentukan ide adalah dengan menuliskan sebuah frase atau kalimat singkat tentang informasi yang ingin Anda masukkan di dalam buku Anda. Setelah Anda melakukannya, kembangkan kalimat tersebut untuk membuat produk yang lengkap.

2.  Kembangkan ide Anda. 

Mulailah melakukannya dengan ide awal yang telah Anda tuliskan, dan pikirkan aspek-aspek berbeda yang berkaitan dengannya. Gambarkan jaringan berisi konsep ide untuk membantu Anda dalam hal ini. Misalnya, Anda ingin menulis sebuah buku tentang bagaimana cara menjual di bisnis properti bagi pemula. Anda dapat menuliskan hal-hal seperti “perizinan dan biaya”, “teknik penjualan”, dan “biaya vs. pemasukan yang diharapkan.” Hubungkan hal-hal spesifik yang terkait pada setiap aspek tersebut, dan terus lanjutkan sampai Anda memiliki cukup detil untuk membayangkan struktur kata-kata yang tepat bagi buku Anda. 

3.  Susun detil yang Anda miliki. 

Setelah memikirkan dan mengembangkan ide pokok Anda, Anda akan memiliki banyak informasi mengenai topik utama yang sudah Anda tuliskan. Susun ulang dalam sebuah rancangan vertikal hingga terlihat mudah dimengerti dan cocok dengan alur cerita yang Anda inginkan. Pikirkan apa yang pertama kali ingin diketahui oleh pembaca, dan tampilkan hal-hal mendasar ini di bagian awal buku. Setelahnya, tambahkan konsep-konsep mendalam. Hal ini akan membantu agar pembaca tidak bosan.  


4. Tulis bukunya. 

Tidak usah khawatir mengenai judul, daftar isi, atau elemen-elemen tampilan lainnya pada tahap ini. Duduklah dan mulailah menulis. Mungkin akan lebih mudah bagi Anda untuk “mulai dari pertengahan buku” dengan menulis sebuah bab pilihan Anda terlebih dahulu; Anda juga dapat memilih untuk menulis dari awal dan melanjutkannya. Anda tidak harus memilih sebuah metode tertentu dan terus mengikutinya. Gunakan teknik apapun yang Anda perlukan untuk menyelesaikan buku tersebut. 

5. Tinjau dan tulis ulang. 

Setelah buku Anda selesai, tinggalkan selama sekitar satu minggu, lalu baca kembali dengan kritis. Lihat urutan bab dan seksi yang ada terlebih dahulu. Apakah urutan ini masuk akal? Seringkali, Anda akan melihat bahwa beberapa bagian akan lebih cocok untuk diletakkan di tempat yang berbeda dibandingkan dengan tempat yang telah Anda tentukan sebelumnya. Setelah Anda puas dengan urutan buku ini, baca setiap bab secara runut lalu sunting dan lakukan revisi seperlunya. 

6. Tambahkan detil. 

Setelah bagian utama buku Anda solid, tentukan judul buku dan seksi-seksi pada bagian awal dan akhirnya (seperti kata pengantar atau daftar pustaka) yang ingin Anda tambahkan. Judul biasanya akan tercipta secara alami saat Anda menulis buku; 
  
7. Tambahkan sampul. 

Sama seperti buku-buku tercetak, sampul buku merupakan alat pemasaran yang penting. Walaupun sampul ini hanya berupa sampul virtual, calon pembeli akan melihatnya terlebih dahulu. Pertimbangkan untuk menyewa jasa desainer sampul profesional, atau lakukan sendiri jika Anda berpikir Anda mampu membuat sesuatu yang kelihatan bagus dan akan mendatangkan penjualan. Selalu pastikan bahwa Anda mendapatkan izin sebelum menggunakan gambar-gambar dengan hak cipta.    

8.  Berikan ebook kepada teman-teman Anda. 

Setelah Anda menulis ebook yang bagus, bagikan kepada teman-teman, keluarga, dan tetangga. Tanyakan:Apa yang paling Anda sukai dari buku tersebut? Apa yang paling Anda tidak sukai? Apa yang tidak Anda sukai? 

 9. Catat masukan mereka dan tingkatkan ebook Anda sebelum Anda mempublikasikannya. 

Pertimbangkan semua respon dan cobalah untuk mengakomodir semua isu yang muncul. Jangan takut untuk mencampurkan semuanya dan menulis ulang keseluruhan ebook Anda. Hasil akhirnya akan merupakan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan apa yang Anda buat sendiri. Jika tidak, Anda bisa memilih untuk menggunakan apa yang sudah ada.

10.Terbitkan

Comments

Popular Posts