BELAJAR NYETIR DALAM 7 HARI
Hari Pertama
Awali hari pertama anda dengan membaca
Basmallah. Di hari pertama ini yang anda lakukan adalah memahami kontrol dasar
dari setiap fitur dashboard mobil yang ada. Memang setiap mobil berbeda-beda,
tapi paling tidak anda mengerti cara menghidupkan dan mematikan mesin, cara
menggunakan lampu sen dan lamu hazard, menggunakan lampu utama dan lampu jarak
jauh, menjalankan wiper untuk mengatasi hujan, dan sebagainya Jika sudah paham,
sekarang saatnya mempelajari aturan dasar tentang mengemudi. Ada banyak aturan
dasar tapi paling tidak anda paham tentang penggunaan jalur kiri dan kanan,
etika dalam mendahului, dan arti rambu-rambu lalu lintas yang ada. Capaian hari
pertama ini adalah anda sudah menguasai semua teori tentang dua hal diatas.
Hari Kedua
Saatnya terjun ke lapangan, yup
benar-benar ke lapangan. Carilah sebuah lapangan disekitar kompleks rumah anda
untuk berlatih maju dan mundur. Tujuannya adalah membiasakan diri anda bermain
dengan kopling. Pastikan anda sudah bisa menjalankan mobil dengan halus tanpa
getaran mesin yang terasa (apalagi jika mesinnya mati-mati terus). Jika sudah,
silahkan keluar dari lapangan dan mulailah menjalankan mobil anda di jalanan
kompleks rumah. Biasakan diri anda dengan melakukan perpindahan tingkat
kecepatan berulang-ulang (ganti-ganti gigi maksudnya). Latih juga mata anda
untuk melihat ke belakang dengan menggunakan kaca spion. Sangat dianjurkan
untuk memilih track yang lurus dan datar di hari kedua ini.
Hari Ketiga
Hari ini menunya masih sama dengan
hari sebelumnya, bedanya hari ini anda berpindah track (lintasan) dari yang
lurus ke yang lebih berbelak-belok. Ok, segera cari lintasan yang
berkelak-kelok di kompleks perumahan anda. Jangan meremehkan teknik belok,
karena walaupun sederhana teknik ini cukup sulit diimplementasikan dengan
sempurna. Yang perlu diperhatikan ketika berbelok adalah jangan sampai
mengambil jalan pengemudi lain. Sekedar informasi, belok kanan lebih sulit
daripada belok kiri karena hampir bisa dipastikan anda akan memotong jalan
pengemudi lain.
Hari Keempat
Sekarang saatnya menanjak, cari
tanjakan di sekitar kompleks rumah anda, lalu berlatihlah di sana. Ada dua
teknik dalam dalam dunia mengemudi, pertama menggunakan rem tangan, dan yang
kedua menggunakan seni permainan kopling. Hari ini adalah hari dimana anda
belajar untuk menguasai kedua teknik tersebut. Lakukan di berbagai macam
tingkat kecuraman tanjakan dan lakukan variasi menanjak secara maju dan mundur.
Ingat!! perhatian juga temperatur mesin mobil anda, karena pada dasarnya fungsi
kopling adalah menjaga agar mesin anda tidak mati dan memainkan kopling sama
dengan memainkan mesin mobil anda untuk menaik turunkan kinerjanya. Ciri mesin
mobil sudah panas adalah asap yang muncul dari kap mesin.
Hari Kelima
Anda sudah menguasai jalan menanjak??
Saatnya belajar memarkir mobil. Yap, teknik yang cukup sulit, hampir sama
tingkat kesulitannya dengan menanjak atau bahkan bisa menjadi lebih sulit untuk
kondisi tertentu. Pertama pelajari parkir mundur seperti jika memarkirkan mobil
di tempat parkir biasa, lakukan dari arah kiri dan kanan. Selanjutnya pelajari
teknik parkir horizontal. Teknik parkir ini biasa digunakan jika kita
menghadapi tempat parkir yang paralel. HeheĆ¢€¦ Jika sudah, lanjutkan dengan
kombinasi memarkir dan menanjak, yaitu dengan mencoba memarkir di tanjakan.
Capaian hari ini adalah anda sudah menguasai berbagai macam teknik memarkir
untuk berbagai macam kasus parkiran yang umum.
Hari Keenam
Saatnya turun ke jalan!! Yup, coba
keluar dari kompleks rumah anda. Kali ini coba lah menjadikan jalan besar di
kota anda sebagai track-nya. Gunakan segenap kemampuan yang telah anda pelajari
di hari sebelumnya untuk menaklukan jalanan kota. Oiya, jangan lupa pelajari
juga cara mengisi bensin yang benar. Biasanya pemula tidak tahu caranya membuka
tutup tangki bensin. hehe..
Hari Terakhir
Saatnya kebut-kebutan!! Sejujurnya
tidak ada yang harus diajarkan dalam hal mengebut (menjalankan kendaraan denga
kecepatan diatas 80 Km/jam) karena memang itu adalah kemampuan natural yang
pasti muncul dengan sendirinya di kalangan para pengemudi profesional.

Comments
Post a Comment