JENIS JENIS MEDIA SOSIAL KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA
1. Twitter
Twitter merupakan layanan
microblogging yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Pengguna dapat
membaca dan mengirim pesan atau tweet sepanjang maksimal 140 karakter. Pengguna
dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan followers
(pengikut). twitter semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu jejaring
sosial paling populer di dunia.
Kelebihan:
Menjangkau
tidak hanya antara teman, tetapi komunikasi antara artis dengan fans-nya juga
menjadi lebih mudah.
Komunikasi
di twitter terjadi sangat cepat. Sering terjadi berita-berita terupdate,
seperti terjadinya suatu bencana misalnya, lebih dahulu didapatkan infonya
melalui twitter.
Terdapat
fitur trending topic yang memungkinkan kita untuk mengetahui apa saja yang sedang
in atau happening dibicarakan oleh para pengguna twitter.
Dapat
memasarkan produk secara gratis.
Kekurangan:
setiap tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter saja.
banyak symbol yang harus diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @, RT, # dan lain-lain.
Tidak ada fitur Chatting seperti di facebook.
Ukuran avatar (foto profil) kecil.
2. Google Plus
Social Media teranyar buatan
raksasa IT google ini meraih popularitas dalam sekejab. Digadang-gadang akan
menjadi saingan terbesar facebook, jumlah penggunanya melonjak sangat cepat
begitu layanan ini dibuka untuk umum.
Kelebihan:
Ada fasilitas Repost yang
memiliki istilah Reshared, jadi kita langsung bisa mengutip sebuah status dari
teman yang ada pada circle kita. Ini mirip seperti Retweet di Twitter
Atur status Status yang kita
buat bisa diatur apakah itu tidak boleh dishare kembali atau tidak boleh
dikomentari.
Terdapat fasilitas Hangouts
yang memungkinkan pengguna video chat dengan temannya.
Mode huruf beragam di Google+
bisa menulis sebuah status dengan mode miring, coret, atau tebal.
Kekurangan:
Dengan koneksi internet yang
lambat, akan sulit mengakses akun google plus yang menggunakan live
notification.
Banyak fitur yang sama seperti
yang sudah dimiliki oleh pendahulunya, facebook.
Popularitas google plus
menurun dibandingkan awal-awal diluncurkannya layanan ini. Semakin banyak yang
meninggalkan jejaring sosial ini.
3. Facebook
Dimulai dari
kemunculannya tahun 2006 yang mampu menggeser dominasi friendster, sedikit demi
sedikit, facebook mulai membangun kekuatannya menjadi social media yang paling
populer. Hingga saat ini, keberadaan facebook sebagai social media
terpopuler nampaknya masih sulit untuk digoyahkan.
Kelebihan:
Menggunakan facebook sangat
mudah.
Bisa digunakan untuk media
bisnis online melalui jaringan pertemanan yang telah dimiliki.
Upload gambar mudah, dan bisa
dibuat album foto.
Terdapat aplikasi chat yang
membuat pangguna yang sedang online bisa chat dengan temannya yang sedang
online juga.
Pengguna bisa membuat/bergabung
dengan group kesukaan/hobi/bisnis/pertemanan yang memungkinkan pembagian
informasi lebih spesifik, mudah, dan tepat sasaran.
Kekurangan:
Seringnya facebook berubah
tampilan kerap membuat pengguna bingung.
Layout yang tidak bisa diganti.
Alur informasi masih kalah
cepat dengan twitter.
4. Path
Path diluncurkan pada awal
bulan November 2010 dan sejak itu juga path mampu menghasilkan jutaan user.
aplikasi yang dapat memberikan penggunanya fasilitas untuk memotret semua
pengalaman mereka. Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu,
curhatan, foto, tempat/lokasi kita berada.
Kelebihan :
Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu, curhatan, foto, tempat/lokasi kita berada.
Path bersifat privasi, tidak seperti facebook dan twitter
Path memiliki 8 Free Filter
Lenses utk mempercantik foto/video
Memiliki fitur chat
Path memunculkan notifikasi jika ada yang mengunjungi profil kita
Kekurangan :
Path hanya membatasi 150 teman
5. Instagram
Sejak pertama kali dirilis
pada 6 Oktober 2010, aplikasi ini telah mendapatkan sambutan yang begitu luas
dari para pengguna iOS, hingga akhirnya tim developer memutuskan untuk
mengekspansi Android dan bergabung dengan situs sosial media Facebook.
Instagram tak bisa dipungkiri lagi telah menjadi salah satu aplikasi
photo-editing dan photo-sharing terpopuler saat ini.
Kelebihan :
Memperindah foto kita
bisa menshare videomemasarkan
produk atau berjualan online
Kekurangan :
Kekurangan :
Video yang
kita upload hanya berdurasi kurang lebih 15 detik
Karena
berbasis smartphone, foto-foto yang dipajang di Instagram berukuran kecil dan
sering tidak terlihat jelas.
Instagram
juga mengembangkan InstaMessage, fitur chat antar pengguna Instagram.
6. Youtube
YouTube adalah sebuah situs
web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat,
menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube
adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya
sendiri
Kelebihannya :
bisa melihat dan mengupload
video yang kita suka
sebagai ajang promosi diri
bisa mendownload setiap video
bisa belajar streaming, banyak
video bermanfaat
ukurannya ada yang HD, bisa di
download videonya banyak
Kekurangannya :
bisa
disalahgunakan penggunanya
banyak
informasi yang menyesatkan
gambarnya
tersendat sendat
banyak video
dengan kualitas buruk
tidak cocok untuk slow conection

Comments
Post a Comment