JENIS JENIS MEDIA SOSIAL KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA


1. Twitter
Twitter merupakan layanan microblogging yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Pengguna dapat membaca dan mengirim pesan atau tweet sepanjang maksimal 140 karakter. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan followers (pengikut). twitter semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu jejaring sosial paling populer di dunia.

Kelebihan:

Menjangkau tidak hanya antara teman, tetapi komunikasi antara artis dengan fans-nya juga menjadi lebih mudah.
Komunikasi di twitter terjadi sangat cepat. Sering terjadi berita-berita terupdate, seperti terjadinya suatu bencana misalnya, lebih dahulu didapatkan infonya melalui twitter.
Terdapat fitur trending topic yang memungkinkan kita untuk mengetahui apa saja yang sedang in atau happening dibicarakan oleh para pengguna twitter.
Dapat memasarkan produk secara gratis.

Kekurangan:
setiap tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter saja.
banyak symbol yang harus diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @, RT, # dan lain-lain.
Tidak ada fitur Chatting seperti di facebook.
Ukuran avatar (foto profil) kecil. 

2. Google Plus

Social Media teranyar buatan raksasa IT google ini meraih popularitas dalam sekejab. Digadang-gadang akan menjadi saingan terbesar facebook, jumlah penggunanya melonjak sangat cepat begitu layanan ini dibuka untuk umum.

Kelebihan:
Ada fasilitas Repost yang memiliki istilah Reshared, jadi kita langsung bisa mengutip sebuah status dari teman yang ada pada circle kita. Ini mirip seperti Retweet di Twitter
Atur status Status yang kita buat bisa diatur apakah itu tidak boleh dishare kembali atau tidak boleh dikomentari.
Terdapat fasilitas Hangouts yang memungkinkan pengguna video chat dengan temannya.
Mode huruf beragam di Google+ bisa menulis sebuah status dengan mode miring, coret, atau tebal.
Kekurangan:
Dengan koneksi internet yang lambat, akan sulit mengakses akun google plus yang menggunakan live notification.
Banyak fitur yang sama seperti yang sudah dimiliki oleh pendahulunya, facebook.
Popularitas google plus menurun dibandingkan awal-awal diluncurkannya layanan ini. Semakin banyak yang meninggalkan jejaring sosial ini. 

3. Facebook

Dimulai dari kemunculannya tahun 2006 yang mampu menggeser dominasi friendster, sedikit demi sedikit, facebook mulai membangun kekuatannya menjadi social media yang paling populer. Hingga saat ini,  keberadaan facebook sebagai social media terpopuler nampaknya masih sulit untuk digoyahkan.

Kelebihan:

Menggunakan facebook sangat mudah.
Bisa digunakan untuk media bisnis online melalui jaringan pertemanan yang telah dimiliki.
Upload gambar mudah, dan bisa dibuat album foto.
Terdapat aplikasi chat yang membuat pangguna yang sedang online bisa chat dengan temannya yang sedang online juga.
Pengguna bisa membuat/bergabung dengan group kesukaan/hobi/bisnis/pertemanan yang memungkinkan pembagian informasi lebih spesifik, mudah, dan tepat sasaran.

Kekurangan:

Seringnya facebook berubah tampilan kerap membuat pengguna bingung.
Layout yang tidak bisa diganti.
Alur informasi masih kalah cepat dengan twitter.

4. Path

Path diluncurkan pada awal bulan November 2010 dan sejak itu juga path mampu menghasilkan jutaan user. aplikasi yang dapat memberikan penggunanya fasilitas untuk memotret semua pengalaman mereka. Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu, curhatan, foto, tempat/lokasi kita berada.

Kelebihan :

Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu, curhatan, foto, tempat/lokasi kita berada.
    Path bersifat privasi, tidak seperti facebook dan twitter
    Path memiliki 8 Free Filter Lenses utk mempercantik foto/video
    Memiliki fitur chat
    Path memunculkan notifikasi jika ada yang mengunjungi profil kita

Kekurangan :


Path hanya membatasi 150 teman

5. Instagram
Sejak pertama kali dirilis pada 6 Oktober 2010, aplikasi ini telah mendapatkan sambutan yang begitu luas dari para pengguna iOS, hingga akhirnya tim developer memutuskan untuk mengekspansi Android dan bergabung dengan situs sosial media Facebook. Instagram tak bisa dipungkiri lagi telah menjadi salah satu aplikasi photo-editing dan photo-sharing terpopuler saat ini.

Kelebihan :

Memperindah foto kita
bisa menshare videomemasarkan produk atau berjualan online

Kekurangan :
   Video yang kita upload hanya berdurasi kurang lebih 15 detik
   Karena berbasis smartphone, foto-foto yang dipajang di Instagram berukuran kecil dan sering tidak terlihat jelas.
   Instagram juga mengembangkan InstaMessage, fitur chat antar pengguna Instagram.

6. Youtube

YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri
Kelebihannya :
bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
sebagai ajang promosi diri
bisa mendownload setiap video
bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
ukurannya ada yang HD, bisa di download videonya banyak

Kekurangannya :

   bisa disalahgunakan penggunanya
   banyak informasi yang menyesatkan 
   gambarnya tersendat sendat
   banyak video dengan kualitas buruk
   tidak cocok untuk slow conection

Comments

Popular Posts